PERBEDAAN PERFORMA MENGAJAR ANTARA DOSEN KEPERAWATAN PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA DI PROVINSI JAWA TENGAH, INDONESIA

Main Article Content

Yektiningtyastuti

Abstract

Keterampilan profesional dan kompetensi dosen dapat dilihat dari
performa mengajar. Performa mengajar mengacu pada pengetahuan,
keterampilan, dan bahkan kemampuan yang harus dimiliki dan dapat
ditunjukkan oleh para dosen dalam kegiatan mengajar mereka.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui performa mengajar dosen
keperawatan di ruang kelas dan di wahana klinik, baik di Perguruan
Tinggi Negeri maupun Swasta di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan
metode deskriptif komparatif. Responden terdiri dari 134 dosen
keperawatan.
Data penelitian berasal dari jawaban responden terhadap satu paket
kuesioner performa mengajar, yang terdiri dari 33 item pertanyaan. Studi
pendahuluan dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 37
dosen keperawatan di dua program studi keperawatan dan memperoleh
skor Alpha Cronbach 0,920. Data penelitian dikumpulkan secara pribadi
oleh peneliti dari dua program studi keperawatan di perguruan tinggi
negeri dan lima program studi keperawatan di perguruan tinggi swasta.
Analisa data yang digunakan adalah uji-t independent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang
signifikan dalam performa mengajar di ruang kelas antara dosen
keperawatan pada perguruan tinggi negeri dan swasta (t hitung =
1,25844 < t tabel = 1,96). Dalam hal pembelajaran di wahana klinik,
didapatkan ada perbedaan yang signifikan dalam performa mengajar
antara dosen keperawatan pada perguruan tinggi negeri dan swasta (t
hitung = 2,72417 > t tabel = 1,96)

Article Details

Section
Articles