PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM

Authors

  • Nuni Wulansari
  • Tri Yuwono
  • Annisa Rahayu Pangesti
  • Herlina Natasya Sefiani
  • Wiman Anggaraksa

Keywords:

Label Halal, Religiusitas, UMKM.

Abstract

UMKM di Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri halal. Label halal adalah strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh UMKM. Religiusitas juga merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi minat pembeli terhadap produk UMKM. Pelanggan yang sangat religius cenderung lebih selektif dan peka terhadap atribut produk yang sesuai dengan nilai agama mereka. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal dan religiusitas terhadap peningkatan omset UMKM. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden yang diambil secara acak sebanyak 100 UMKM. Analisis dan pengolahan hasil kuesioner menggunakan model persamaan struktural, Partial Least Squares (PLS). Temuan penelitiannya menemukan bahwa nilai p-value 0,615 dan 0,656 lebih besar dari 0,005, artinya tidak ada pengaruh label halal dan religiusitas terhadap omset UMKM. Temuan penelitian ini dapat dijadikan masukan oleh pemerintah dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan industri halal di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tentunya potensi industri halal di Indonesia sangat besar. Khusus bagi umat Islam, mengkonsumsi produk halal merupakan suatu kewajiban menurut syariat Islam. Masih jarang UMKM yang peduli terhadap religiusitas dan label halal. Penelitian ini menyumbangkan bukti empiris sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Downloads

Published

2023-11-30