Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Posyandu Tentang Pelayanan Posyandu Berbasis Whatsapp Bot (Alaybot) Di Kelurahan Sidanegara
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi yang begitu pesat berpengaruh terhadap aktivitas manusia, dimana pada saat ini masyarakat dan organisasi sangat membutuhkannya, salah satunya adalah aplikasi AlayBOT yang mana aplikasi ini nantinya ditujukan bagi ibu yang memilki anak balita. Pentingnya peran kader posyandu dalam memantau perkembangan balita sehingga diperlukan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu dalam rangka mengatasi permasalahan tentang pemanfaatan teknologi untuk mengurangi paparan atau penyebaran covid-19 pada ibu balita yang tidak bisa berkunjung ke posyandu. Penyiapan pengetahuan dan ketrampilan kader tentang pelayanan posyandu berbasis WhatsApp Bot (ALayBot) sudah harus disiapkan dari sekarang. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi aplikasi WhatsApp Bot. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan kader Posyandu dari skor pretest 8,78 dan skor posttest 9,11, dan 100% kader Posyandu mampu mengoperasikan aplikasi Alaybot dengan baik dan benar.