PENGARUH BAURAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JASA RUMAH SAKIT : LITERATURE REVIEW

Main Article Content

Dewi Laksmi Jaya
Diah Melly
Tiara Innotata
Yongky Tamigoes
Wahyu sulistiadi

Abstract

Pendahuluan Penerapan manajemen pemasaran rumah sakit di negara berkembang banyak menggunakan metode bauran 7p yaitu product, people, physical evidence, price, place, promotion, dan Proccess. Metode ini jika diterapkan dengan baik maka dapat mempengaruhi seseorang dalam memilih tempat pelayanan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efek strategi penetapan harga sebagai bauran pemasaran bagi konsumen dalam memilih rumah sakit. Metodologi Pencarian literatur ini dilakukan dengan pencarian melalui database elektronik yaitu Google Scholar,
dengan kriteria terbit pada 2018-2022, memiliki teks lengkap, dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan penelitian dilakukan di rumah sakit. Hasil Dari pencarian ditemukan sebanyak 38 artikel, kemudian hanya diperoleh 9 artikel publikasi yang
memenuhi kriteria, Kajian artikel yang didapatkan berdasarkan jenis kajian terdiri dari 5 kajian literature, 3 merupakan kajian sitematis, dan 1 merupakan kajian narrativeKesimpulan Pemasaran rumah sakit dengan metode bauran harus selalu mempunyai ide kreatif sehingga berdampak pada kepuasaan pasien dan loyalitas pasien yang terus meningkat serta mutu pelayanan rumah sakit yang terus efektif, efisien dan komprehensif.

Article Details

Section
Articles