EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Munjiatun
  • Muhammad Fendrik
  • Neni Hermita
  • Syahrilfuddin
  • Ningrum Melihayatri

Keywords:

Media pembelajaran, kearifan lokal, interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dengan bentuk penelitian preexperimental designs dan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design.  Skor N-gain adalah 0,8299, yang berarti > 0,7. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas berada dalam kategori TINGGI. Skor N-gain dalam bentuk persentase adalah 82,9915%, yang berarti > 76. Oleh karena itu, hasilnya diinterpretasikan sebagai EFEKTIF. Adanya peningkatan tersebut karena penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal sudah sukses dilaksanakan pada kelas eksperimen. Penggunaan media ini mampu menarik perhatian siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran, meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi yang diimplementasikan dengan bertanya kepada guru mengenai materi yang kurang dipahami. Dan paling terutama dapat menambah wawasan siswa mengenai budaya lokal setempat dan mengajarkan mereka mengenal budaya lokal daerah tempat tinggal siswa.

 

 

Downloads

Published

2025-03-04