HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENCIPTAKAN DAYA SAING BISNIS DI ERA DIGITAL

Authors

  • Alamsyah Agit Universitas Hasanuddin
  • Susilawati Muharram Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nikmatullah Nur Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

Keywords:

Bisnis, Daya Saing, Literasi Digital, Kinerja, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi telah menjadi sebuah proses yang terjadi dengan sangat cepat, kemampuan bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan ini menentukan arah perkembangan bisnis, dalam upaya untuk mencapai kapabilitas ini dibutuhkan adanya kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dalam bentuk literasi digital, dan dibutuhkan adanya optimalisasi penggunaan teknologi, keduanya dinilai sebagai salah satu komponen yang dapat menciptakan daya saing bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara literasi digital dan kecerdasan buatan serta dampak kontributif terhadap penciptaan daya saing bisnis. Menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi literatur, penelitian ini menggunakan data berupa artikel penelitian dan artikel review serta analisis data menggunakan deductive reasoning untuk menunjang in-depth analysis. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa literasi digital berperan penting dalam kompetensi individu untui memaksimalkan dan mengoptimalkan fungsi teknologi pada suatu bisnis. Selanjutnya kehadiran teknologi telah banyak menyumbang dalam meningkatkan kinerja bisnis, dan membantu bisnis dalam menciptakan daya saing yang dinilai dapat dicapai dengan adanya harmonisasi dari ketersediaan teknologi, dan kompetensi digital yang mumpuni dari pemilik bisnis atau SDM.

Downloads

Published

2025-02-03