PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENCARI SEGMEN PASAR BARU BERBASIS SPASIAL AGROINDUSTRI GULA SEMUT KELAPA DI KELURAHAN HARGOTIRTO, KABUPATEN KULON PROGO
Keywords:
gula semut, hargotirto, media social, Whats Up Businnes, SpasialAbstract
Kelurahan Hargotirto ditetapkan sebagai 75 Desa Wisata terbaik berkelas dunia dan diresmian oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, M. Sandiaga Uno. Desa Hargotirto termasuk wilayah Kapenewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Potensi kelapa melimpah dimanfaatkan warga untuk produksi gula semut. Sebagaian besar warga Hargotirto bermata pencaharian penderes nira dan pengrajin gula semut. Keterbatasan pengetahuan media social, lokasi terpelosok, kurangnya pengetahuan mengenai teknik pengemasan dan media pemasaran menjadi salah satu faktor penyebab tingkat penjualan rendah. Tujuan pengabdian mencari Segmen Pasar Baru Berbasis Spasial Agroindustri Gula semut dengan memanfaatkan aplikasi Whats Up Businnes dan meta. Metode kegiatan dilakukan dengan ceramah, demontrasi, dan praktek langsung. Dari hasil pengabdian ini tercipta kan dua segmen pasar baru yakni: komoditas dengan kebutuhan rumah tangga dengan kebutuhan gula smeut 0,5 kg-1 kg, komoditas dengan kebutuhan kemasan sachet yang travel friendly.