PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENCARI SEGMEN PASAR BARU BERBASIS SPASIAL AGROINDUSTRI GULA SEMUT KELAPA DI KELURAHAN HARGOTIRTO, KABUPATEN KULON PROGO

Authors

  • olivia1 elfatma Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta
  • Yuliana Debora Anggrain
  • Subakho Aryo Saloko
  • Wandha Atmaka Aji

Keywords:

gula semut, hargotirto, media social, Whats Up Businnes, Spasial

Abstract

Kelurahan Hargotirto ditetapkan sebagai 75 Desa Wisata terbaik berkelas dunia dan diresmian oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, M. Sandiaga Uno. Desa Hargotirto termasuk wilayah Kapenewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Potensi kelapa melimpah dimanfaatkan warga untuk produksi gula semut. Sebagaian besar warga Hargotirto bermata pencaharian penderes nira dan pengrajin gula semut. Keterbatasan pengetahuan media social, lokasi terpelosok, kurangnya pengetahuan mengenai teknik pengemasan dan media pemasaran menjadi salah satu faktor penyebab tingkat penjualan rendah.  Tujuan pengabdian mencari Segmen Pasar Baru Berbasis Spasial Agroindustri Gula semut dengan memanfaatkan aplikasi Whats Up  Businnes dan meta.  Metode  kegiatan dilakukan dengan ceramah, demontrasi, dan praktek langsung.  Dari hasil  pengabdian ini tercipta kan dua segmen pasar baru yakni:  komoditas dengan kebutuhan rumah tangga  dengan kebutuhan gula smeut 0,5 kg-1 kg, komoditas  dengan kebutuhan kemasan sachet  yang travel friendly.

Downloads

Published

2025-05-09