PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN E-BOOKLET TERHADAP BREASTFEEDING SELF EFFICACY DAN MATERNAL DEPRESSIVE SYMPTOM DI MASA PANDEMI COVID 19
Main Article Content
Abstract
Ibu post partum mengalami perubahan fisik dan psikologis yang dapat dipengaruhi adanya pandemi covid-19. Ibu yang tidak dapat beradaptasi dengan masa kritis postpartum dapat mengalami gangguan psikologis yang berpengaruh juga terhadap produksi ASI. Tujuan penelitan untuk mengetahui pengaruh pemberian e-booklet terhadap perubahan skor breastfeeding self efficacy dan maternal depressive symptoms pada ibu postpartum. Instrumen yang digunakan Breastfeeding Self Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF) dan Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS). Uji statistik yang digunakan adalah Mann Whitney test dan Wicoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa edukasi kesehatan dengan e-booklet berpengaruh signifikan terhadap breastfeeding self efficacy dengan nilai ρ=0,039 (< 0,05) dan peningkatan rerata 7,16 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Sedangkan pada score EPDS, kelompok dengan pemberian edukasi kesehatan dengan e-booklet reratanya menurun 1,5 poin dan hasil analisis menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai ρ=0,002 (< 0,05). Kesimpulannya emberian edukasi kesehatan dengan e-booklet berpengaruh terhadap breastfeeding self efficacy dan skor EPDS. Saran untuk ibu menyusui agar membaca e-booklet untuk meningkatkan self efficacy ibu dan menurunkan skor EPDS.