HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X KOTA BEKASI
Main Article Content
Abstract
Hubungan antara perawat dan pasien merupakan faktor yang mempengaruhi proses kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan, sehingga perawat hendaknya menunjukkan perilaku caring ketika memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring dengan kepuasan pasien dalam asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 57 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil Penelitian caring dengan kepuasan pasien dalam asuhan keperawatan menunjukkan sebagian besar dari responden mengatakan perilaku caring perawat baik, dan merasa puas dengan asuhan keperawatan yang diberikan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai p-Value (0,000) < nilai alpha (0,05) sehingga Ha diterima yang berarti ada hubungan antara caring dengan kepuasan pasien dalam asuhan keperawatan di ruang rawat inap. Kesimpulan : sikap caring seorang perawat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien.