PENDAMPINGAN PERUMUSAN BRANDING DUKUH NGLAMBUR SEBAGAI DESA WISATA DI KABUPATEN KULONPROGO
Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga ini dilaksanakan di dukuh Nglambur, Desa Sidoharjo, Kabupaten Kulon Progo. Aktivitas pengabdian masyarakat ditujukan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) no 1 tentang upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan no-8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja yang produktif, serta pekerjaan yang layak bagi masyarakat Permasalahan yang ditemui adalah belum adanya branding yang kuat tentang potensi dukuh tersebut sebagai destinasi wisata, padahal potensi kekayaan alam, seni- budaya dan kuliner sangat tinggi. Kegiatan pengabdian dilakukan pada awal bulan Oktober 2024 dengan metode edukasi dan pelatihan pemasaran digital serta Focus Group Discussion yang bertujuan untuk merumuskan branding dukuh Nglambur sebagai destinasi wisata. Mitra pengabdian adalah penggiat desa wisata, perwakilan warga dan perwakilan kelurahan dan dukuh Nglambur. Hasil dari FGD didapatkan informasi bahwa promosi tentang destinasi wisata masih dilakukan secara parsial, belum adanya logo maupun tagline. Oleh karena itu dari hasil FGD ditindaklanjuti dalam berbagai bentuk seperti adanya rumusan logo, tagline dan saran terkait dengan promosi.